MUSIM SEMI DI JEPANG

 



Musim semi atau spring dalam Bahasa inggris dan HARU dalam bahasa jepang jatuh pada bulan Februari sampai April. Musim semi adalah musim yang saya sukai setelah musim gugur. Karena selain suhunya masih dingin, mata kita akan dimanjakan bunga bermekaran dimana-mana.

Musim semi biasanya diawali dengan mekarnya bunga ume yaitu sekitar awal bulan maret. bunga ume adalah bunga yang sangat identik dengan bunga sakura dari warna (pink dan putih) dan bentuk kelopak bunganya sehingga banyak orang yang mengira itu bunga sakura. Meskipun begitu ukuran bunga dan pohon bunga ume lebih kecil dari bunga sakura. Setelah bunga ume rontok dan pohonnya tumbuh daun, giliran bunga sakura mulai mengeluarkan kuncup di sekitar awal bulan April. Bunga sakura warna pink akan mekar terlebih dahulu daripada sakura warna putih.

Bunga sakura yang sudah mekar penuh dapat dinikmati sekitar minggu pertama sampai minggu ke-dua bulan April. Setelah itu satu minggu kemudian akan rontok, habis dan kemudian tumbuh daun lagi. Jadi jika ingin menikmati bunga sakura harus selalu update informasi mengenai mekarnya bunga sakura. Biasanya untuk menikmati bunga sakura mekar masyarakat akan membawa alas dan makanan dari rumah yang akan dimakan dibawah pohon sakura bersama keluarga atau teman-teman. Tetapi waktu liburan panjang musim semi (atau disebut Golden Week) biasanya jatuh pada awal mei, sehingga tidak bertepatan dengan bunga sakura mekar.

Selain bunga ume dan sakura, banyak sekali bunga yang akan mekar. Seperti bunga lili yang bisa kita jumpai di halaman rumah atau taman-taman kota dan bunga-bunga yang lain yang membuat suasana menjadi indah.

Jadi, jika ingin menikmati bunga sakura, harus benar-benar diperhitungkan waktunya ya, guys…..

Comments