BERBURU "GOLDEN SUNRISE" DI GUNUNG PRAU 2565MDPL

Gunung prau 2590MDPL(ada yang menyebut 2565MDPL), yang terletak di kabupaten wonosobo, jawa tengah, memiliki sebutan "golden sunrise", bagi yang belum pernah menjamah tempat itu mungkin tak akan mengerti apa itu golden sunrise, tapi bagi yang pernah kesana yakin pasti ingin mengulanginya lagi dan lagi, bagaimana kita bisa sampai atas prau? yuk

• Persiapan --> apa aja sih yang harus disiapain kalo pengen sampe puncak prau, pengalaman saya yang udah 2x kesana di september 2015 dan agustus 2017 dan sebagai pendaki abal-abal, gunung prau katanya sih gunung buat pemula karena treknya landai, tapi bagiku semua sama, alam tak akan pernah kalah,jadi siapin semuanya dengan baik, trecking style (sepatu/sendal treking, dan seperangkat alat2lainnya), jaket tebal setebal muka, disana dingin banget bisa sampe keluar es batu yess, sleeping bag, senter, cadangan makanan secukupnya, dan apapun yang bisa kamu bawa deh, (bisa diliat ditulisan-tulisan lain yang paham tentang pendakian (karena saya abal-abal)
  • Perjalanan --> kamu berada di dunia belahan mana? untuk menuju bascamp pendakian prau sangat gampang, jika dari arah jakarta dan sekitarnya tinggal naik bus antar provinsi jurusan wonosobo dan turun di pertigaan ke arah dieng, kemudian lanjut dengan mini bus (Rp. 20.000) turun di basecamp (bisa turun di basecamp patak banteng, kalilembu, atau dieng, jika mau naik kreta bisa booking jauh hari dan ambil jurusan purwokerto, dari purwokerto masih harus naik bis jurusan wonosobo lagi, jika di daerah jawa tengah maka akan banyak bus bus jurusan wonosobo atau banjarnegara, atau mau naik hellikopter biar langsung turun di puncak
  • Pendakian --> kebetulan karena saya 2x via kalilembu jadi saya cuma tau dari kalilembu, tapi menutut informasi, via patak banteng paling menguras tenaga karena sepanjang jalan akan melalui trek dengan kemiringan yang dahsyat, berbeda dengan kalilembu, trek pertama yang dilalui menanjak melewati perkebunan warga, kemudian masuk hutan sampai POS 1, setelah POS 1 jalan mulai menanjak dan masih didalam hutan, setelah sampai POS 2, jalan sedikit landai dan banyak bonus, tapi akan kembali menanjak sampai POS 3, setelah POS 3 jalan sudah tidak terlalu terjal dan sudah keluar dari hutan, namun kanan dan kiri adalah jurang yang terperohok, tak lama akan sampai puncak prau (dari patak banteng akan sampai area camp terlebih dahulu), setelah puncak kita akan turun dan melewati savana yang sangat luas sampai menemui tugu (area camp) dari situ kita bisa lihat sikembar yang begitu gagah perkasa (sindoro sumbing), silahkan istirahat dan bermain main dengan waktu sampai anda puas, gunung prau memiliki bunga daishi yang sangat indah bisa buat foto foto ketje banget (pendakian via kalilembu dapat ditempuh selama 3 - 5 jam(kalo bentar bentar berhenti)
  • Pemburuan --> setelah istirahat semalaman silahkan bangun jam 5 dan naik ke tebing yang anda sukai, paling bagus tebing dekat area camp, dari situ tunggu dan pantengin sampe matahari dateng, doi g pernah telat, dan taraaaaaaa indahnyaaaaa
  • Pulang --> sebaiknya turun sebelum siang banget, karena takut hujan kan, dan bisa mampir ke beberapa objek wisata di dieng