MUSIM DINGIN DI JEPANG

 


Musim dingin atau winter dalam Bahasa inggris dan FUYU dalam bahasa jepang akan menghiasi liburan akhir tahun di negara-negara dengan empat musim termasuk jepang. Musim dingin jatuh pada bulan desember sampai februari setiap tahunnya. Setelah semua daun-daun habis berguguran dan suhu semakin dingin, bahkan sangat dingin. Biasanya diawali dengan hujan di awal-awal bulan desember.

Lalu kapan hujan salju turun? Perlu kita ketahui salju adalah uap air yang membentuk awan sama seperti hujan. Tetapi karena suhu yang sangat rendah membuat air tersebut membeku dan memiliki masa yang lebih berat sehingga berjatuhan dan menjadi hujan salju. Jadi kapan salju turun tergantung pada cuaca dan suhu. Dan tidak semua wilayah di jepang turun salju, semakin dekat dengan kutub utara (jepang bagian utara seperti Hokaido) akan semakin dingin dan sering turun salju. Tetapi tumpukan salju di tanah atau benda disekitar kita bisa terbentuk karena embun yang membeku juga.

Selain itu di jepang sendiri musim dingin di tandai dengan memasang lampu kerlap-kerlip di sepanjang jalan dan pohon-pohon terutama di tempat-tempat umum seperti stasiun, taman kota, tempat wisata dan lain sebagainya. Bagian ini yang membuat semua sudut kota menjadi romantis dan indah Ketika malam hari.

Libur musim dingin di jepang biasanya jatuh pada akhir bulan desember sampai awal bulan januari yang bertepatan dengan libur natal dan tahun baru. Sehingga seluruh tempat-tempat wisata akan dipenuhi pengunjung untuk menikmati malam dengan suasana dingin, indah dan romantis seperti di film-film. Tempat-tempat yang banyak dikunjungi untuk menikmati musim dingin di jepang yaitu Prefecture Kanagawa dengan pemandangan danau dan gunung fuji yang sudah diselimuti es, Prefecture Gifu tepatnya di Shirakawa-go dengan pemandangan rumah-rumah tradisional dengan tumpukan salju yang tebal seperti dalam cerita dongeng, Prefecture Hokaido tentu saja yang memiliki intensitas hujan salju paling tinggi, dan masih banyak lagi tempat-tempat untuk bermain ski dan menikmati musim dingin.

Bagaimana? Ada rencana liburan musim dingin dan menikmati indahnya jepang seperti di negeri dongeng?

Comments