MUSIM GUGUR DI JEPANG

 




Musim Gugur atau Autumn dalam Bahasa Inggris dan AKI dalam Bahasa Jepang. Di Jepang sendiri musim gugur jatuh pada sekitar bulan September sampai November. Biasanya ditandai dengan angin besar (Topan) sekitar akhir bulan Agustus atau awal bulan September, dan setelah itu udara menjadi semakin sejuk dan dingin.

Musim gugur ini adalah musim yang paling saya suka. Karena udaranya sejuk, bahkan dingin. Langit sangat cerah berwarna biru terang dengan sedikit awan dan matahari terlihat lebih besar (Saya kurang tau ilmu geografinya) dengan warna senja yang sangat indah. Selain itu sebelum gugur daun-daun berubah warna menjadi kuning, orange dan merah yang menambah indah suasana di musim ini.

Nah, sebenernya pohon-pohon apa saja yang gugur sih? Kenapa di Indonesia tidak ada? Di ilmu biologi ada istilah pohon meranggas. Yaitu pohon yang dengan sengaja menggugurkan daunnya di musim tertentu untuk bertahan hidup. Jika di indonesia ada pohon jati yang menggugurkan daunnya guna bertahan di musim kemarau. Di jepang sendiri atau negara-negara empat musim lainnya, ada pohon jenis maple yang berhenti memasok air dari batang ke daun untuk bertahan selama musim dingin. Ini dia asal muasal kenapa daun-daun di musim gugur warna-warni. Pohon maple itu sendiri di jepang mendapat julukan Momiji yang entah asalnya dari mana saya juga tidak tahu (mungkin hanya penamaan dalam Bahasa jepang). Selain Momiji yang berbentuk seperti telapak tangan, pohon ginkgo dengan daun kecil-kecil seperti sayap kupu-kupu akan berubah warna menjadi kuning dan beterbangan di jalanan kota. Meskipun banyak yang tidak tahu, pohon ini tidak kalah indah dari Momiji saat musim gugur tiba. Selain itu masih ada beberapa pohon lain nya yang mewarnai musim gugur di jepang.

Selain menikmati cuaca yang sejuk dan daun-daun berguguran, musim gugur di jepang sendiri biasanya dihiasi dengan festival lampion. Konon pada zaman dahulu, orang-orang tionghoa  memakan kue bulan dan menyalakan lampion pada pertengahan musim gugur sebagai bentuk terimakasih kepada dewa dan perayaan hasil kerja keras karena hasil panen yang melimpah. Tetapi festival lampion di musim gugur pada zaman sekarang lebih dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul Bersama keluarga dan menikmati cuaca yang bagus untuk jalan-jalan.

Gimana? Ada rencana berlibur atau jalan-jalan menikmati musim gugur di jepang? Saya sangat merekomendasikan karena setiap sudut kota dan gunung terlihat indah dengan hiasan daun-daun warna warni dan berguguran.


Follow Instagram @sigendutjalanjalan

Comments