“PINGGIRAN” KARIMUN JAWA (PULAU PANJANG)



Karimun Jawa, siapa yang tak kenal objek wisata yang terletak di kabupaten Jepara, Jawa tengah tersebut. Selain memiliki keindahan pantainya karimun jawa terkenal dengan penangkaran hiu, taman laut, terumbu karang, hutan bakau, dan masih banyak biota laut lainnya. Oleh karena itu para wisatawan rela mengeluarkan budget trip yang besar demi bisa menikmati objek wisata karimun jawa yang saat ini sudah menjadi taman nasional. Lalu bagaimana dengan para backpacker atau solo traveller yang ingin menikmati keindahan laut utara pulau jawa tanpa harus mengeluarkan rupiah yang besar? Masih dari pantai kartini, Kabupaten Jepara (tempat penyebrangan ke pulau karimun jawa), mari kita bahas lebih lanjut.
Masih satu kawasan dengan pulau karimun jawa, terdapat pulau kecil yaitu pulau panjang. Untuk sampai di pulau panjang, acuan pertama saya adalah kota semarang. Untuk menuju kota lumpia tersebut sangatlah mudah karena kota semarang berada kurang lebih ditengah-tengah pulau jawa. Jika dari arah jakarta maka banyak bus-bus malam yang melewati kota semarang, atau kereta jurusan jakarta-surabaya pasti berhenti di stasiun tawang kota semarang. Untuk ongkosnya antara 100k-200k dengan fasilitas bus VIP, atau bisa cari yang lebih murah. Jika dari arah surabaya dan yogyakarta terdapat banyak bus malam yang melewati kota semarang.
Setelah berada dikota semarang, acuan berikutnya adalah terminal terboyo semarang. Dari terminal terboyo semarang akan banyak bus tiger (3/4) jurusan semarang-kudus-jepara. Dengan membayar 25k dan duduk manis (biasanya busnya sangat penuh dan susah untuk duduk manis) kita akan diantar sampai terminal jepara dengan 2-3 jam perjalanan. Setelah sampai terminal jepara kita bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki/naik becak sampai pantai kartini (naik becak 20 menit dengan ongkos 15k dan bonus senyum ramah dari warga jepara).



Setelah masuk pantai kartini dengan membayar kontribusi wisata sebesar 5k, kita akan ditawarkan 2 rute penyeberangan yaitu ke karimun jawa dan ke pulau panjang. Penyeberangan ke pulau biasanya kisaran jam7-10 pagi, setelah jam itu harus menunggu besok. Dengan membayar kapal 20k kita akan diantarkan menggunakan kapal kayu kapasitas 15-20 orang, dan akan dijemput lagi untuk pulang. Setelah 30-60 menit terkoyak-koyak ombak. Kita akan langsung disuguhkan dermaga yang indah dan gapura selamat datang. Dari dermaga sudah terlihat hamparan pasir putih yang menjulur sejauh mata memandang.
“Selamat datang di pulau panjang” pulau kecil yang terletak di Kabupaten Jepara dengan luas 19 ha ini tidak kalah dengan primadona-primadona pulau lain yang menyuguhkan hamparan pasir putih dan air yang jernih. Tetapi berbeda dengan pulau-pulau yang sudah terkenal, di pulau panjang tidak terdapat penginapan atau homestay. Jadi bagi kita yang akan bermalam di pulau ini bisa dengan mendirikan tenda atau tidur beralaskan pasir dan beratap langit.



Lalu apa yang bisa kita lakukan di pulau ini? dengan menempuh perjalanan 1-2 jam dengan jalan kaki kita sudah bisa mengelilingi pulau ini. Kita akan disuguhkan pepohonan randu yang besar dan masih asri, kemudian pantai dengan batu-batu karang dibalik pulau, sarang-sarang burung laut sampai makam Syekh Abu Bakar (sumber dari wikipedia). Disekitar makam tersebut terdapat pedagang yang menyediakan minuman, makanan, dan toilet bagi para peziarah dan wisatawan. Sehingga kita tidak perlu takut kelaparan. Selesai jalan-jalan keliling pulau kita bisa mendirikan tenda diatas hamparan pasir putih, bermain pasir dan menikmati sunset yang indah. Pada malam hari, kita bisa melihat bintang dengan jelas ketika cuaca cerah. Saat itu saya dan ketiga teman saya membeli cumi-cumi, memasak nasi dan membakar ubi untuk makan malam. Kemudian keesokan paginya kita akan disuguhkan dengan sunrise yang sangat indah, bermain air yang jernih dan pasir putih sampai puas sampai dijemput oleh kapal untuk pulang. Bagaimana? Seru bukan? Buat teman-teman backpacker yang ingin menikmati pulau yang masih asri dengan low budget, saya rekomendasikan Pulau Panjang yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Selamat berjelajah.







Comments