PESONA UJUNG TIMUR KAB. KARAWANG (KECAMATAN CILAMAYA)

Berawal dari acara bakti sosial yang diadakan komunitas Backpacker Karawang tepatnya di SDN Sukakerta II, Kp Tengkolak Barat, Desa Sukakerta Kec. Cilamaya Kab. Karawang. Tentu saja tujuan utama saya datang ke Cilamaya untuk mengikuti acara tersebut. Kecamatan Cilamaya berada di Kabupaten Karawang. Salah satu kota industri terbesar di Indonesia. tetapi jika kita lihat kondisi di Cilamaya yang masih banyak jalan yang rusak dan tempat wisata yang tidak terawat seolah-olah tidak menggambarkan bagian dari kota yang berkembang pesat.

Perjalanan saya dimulai dari Kota karawang bersama rombongan acara tersebut. Melewati jalan kota yang dikelilingi sawah yang masih sangat luas. Kecamatan Cilamaya terletak dibagian ujung paling timur Kabupaten Karwang dan membutuhkan waktu kurang lebih satu sampai dua jam perjalanan untuk sampai ke lokasi. Setelah sampai di lokasi, kami semua melakukan kegiatan inti disana yaitu berbagi bersama siswa dan siswi SDN Sukakerta 02 Cilamaya. Dan semua rangkaian acara berjalan dengan lancar.

Hari itu aktifitas bersama siswa yang sangat padat dan cuaca yang sangat panas membuat saya dan teman-teman butuh tempat untuk meredam lelah. Setelah bertanya kepada warga setempat yang mayoritas menggunakan bahasa jawa campuran, ternyata lokasi sekolah tersebut sangat dekat dengan pantai dan akhirnya kami memutuskan untuk ke pantai dengan berjalanan kaki. Sekitar 15 menit kami sampai di pantai dan kondisi pantai tersebut sangat disayangkan. Yang semestinya lokasi tersebut sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata tetapi masih banyak sekali sampah dan sangat tidak terawat. Dengan kondisi seadanya kami menikmati deburan ombak dan angin pantai yang berhasil meruntuhkan lelah karena kegiatan yang padat hari itu. Selain itu di pantai tersebut sangat strategis untuk melihat matahari terbenam yang tak kalah indahnya dari pantai-pantai yang sudah terkenal diluar Kota Karawang. Bersama perginya senja waktu itu kami pun berarak kembali ke lokasi untuk melanjutkan aktifitas.

Aktifitas bakti sosial di lanjutkan dengan penampilan dari siswa, menonton video pesona Indonesia dan diakhiri dengan menyanyi bersama dipinggir api unggun. Setelah itu semua siswa pulang untuk beristirahat. Begitu juga dengan kami yang segera menuju rumah yang disediakan oleh salah satu anggota dari Backpacker Karawang yang tidak jauh dari lokasi acara.

Hari kedua dari rangkaian acara bakti sosial dimulai pukul 08.00, sebelum itu kami semua sibuk. Dari antrian mandi yang panjang, mencari sarapan sampai mencari spot sunrise yang ternyata sangat indah. Setelah itu acara dilanjutkan dengan permainan yang diikuti oleh semua siswa dan beberapa perwakilan dari relawan, pembagian hadiah dan ditutup dengan sambutan dari kepala sekolah dan ketua pelaksana.

Semua rangkaian acara bakti sosial selama dua hari berjalan dengan lancar. Sebelum kembali ke karawang, semua relawan sepakat untuk menyewa kapal nelayan untuk melihat pulau pasir yang ditemukan oleh nelayan dan bisa digunakan untuk snorkling dan berenang. Setelah selesai negosiasi dan membayar 35.000 rupiah/orang, akhirnya kami berangkat menuju tengah laut. Perjalanan dimulai dari sungai yang penuh dengan kapal nelayan sampai muara yang kemudian dilanjutkan dengan laut lepas. Setelah satu jam perjalanan dengan angin yang cukup kencang kami tiba di tengah laut lepas. Meskipun kami belum beruntung karena air laut sedang pasang dan pulau pasir tidak terlihat, beberapa dari kami tetap berenang ditengah laut yang dangkal. Air yang jernih dan hamparan laut yang biru sangat berpotensi untuk menjadikan tempat ini salah satu lokasi wisata favorit di karawang.

Setelah hilang rasa penasaran dengan pulau pasir, akhirnya saya dan semua rombongan kembali ke karawang. Dan harapan saya semoga tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat wisata yang indah di karawang dan dikelola dengan baik oleh pemerintah karawang. sehingga selain menjadi kota industri, karawang juga bisa menjadi kota tujuan wisata. Dan untuk komunitas Backpacker Karawang semoga semakin jaya dan mendunia dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk anggota dan masyarakat.